Saturday 25 March 2017

Manfaat Dari Hubungan Seks

 Image result for seks



Pada umumnya kegiatan seksual antara pasangan suami isteri dianggap hanya sebagai keperluan biological, padahal terdapat berbagai manfaat dalam hubungan seks itu sendiri.

 Lakukan secara teratur dan tenteram, oleh itu aktiviti ini berpotensi mengurangi risiko penyakit tertentu.

Salah satu manfaat seks secara nyata ialah ia dapat menunjukkan bahwa seseorang itu memiliki rasa kasih sayang yang ingin diperlihatkan kepada pasangannya. Bersamaan dengan itu pula, kualiti kehidupan akan menjadi lebih sihat dan tenang.

Apa saja risiko terhadap gangguan kesihatan  boleh dikurangkan hasil daripada hubungan seksual?

 Berikut ini adalah fakta-fakta yang boleh dijelaskan.

Hubungan seks sebagai salah satu senaman
Hubungan seksual adalah salah satu bentuk senaman yang menyenangkan. Berhubungan seksual bererti membakar setidaknya 5 kalori per minit dan ia juga membuat anda menggunakan berbagai otot dan deria tubuh anda. Melakukan hubungan seksual secara teratur dapat memaksimumkan manfaat ini. Hasil kajian mendapati bahwa denyutan jantung manusia pada saat orgasme adalah sama dengan ketika melakukan senaman ringan, seperti berjalan menaiki tangga. 

Jantung lebih sihat
Rangsangan seksual dan orgasme membuat denyutan jantung meningkat. Pengidap penyakit jantung juga bisa mendapatkan manfaat ini selama mereka masih dapat menjalani aktiviti sehari-hari dengan normal, misalnya menaiki dua anak tangga tanpa menimbulkan rasa kesakitan di dada. Hasil kajian juga mendapati bahwa hubungan seksual sekurang-kurangnya dua kali seminggu dapat mengurangkan risiko serangan jantung dan mematikan hingga 50 peratus serangan jantung, dibandingkan dengan mereka yang berhubungan seksual kurang dari sekali sebulan.

Menjaga tekanan darah tetap normal
Penelitian terhadap beberapa pasangan yang berpegangan tangan selama 10 minit diikuti dengan berpelukan selama 20 saat dapat menurunkan tekanan darah.

Meredakan stres
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa orang yang tidak melakukan hubungan seksual paling berisiko mengalami stres dibandingkan kelompok yang melakukan aktiviti seksual dengan atau tanpa 'penetration'. Intimasi atau orgasme yang tanpa melibatkan penetrasi sekalipun dapat membantu orang untuk merasa rileks, serupa dengan meditasi. Rangsangan seksual melepaskan bahan kimia pada otak dan hormon yang membuat Anda merasa lebih nyaman. Selain itu, intimasi dapat meningkatkan rasa percaya diri yang membentuk hidup lebih sihat dan bahagia.

Meningkatkan kekebalan tubuh
Sistem kekebalan tubuh dengan seberapa seringnya anda melakukan hubungan seksual memiliki kaitan dengan perubatan. Tingkat imunoglobulin A (IgA)  pada orang yang melakukan hubungan seksual sekali atau dua kali dalam seminggu adalah 30 peratus lebih tinggi daripada yang tidak melakukannya.
 Antibodi ini berperanan menjaga tubuh dari penyakit.
Namun orang yang berhubungan seksual lebih dari dua kali dalam seminggu justru memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih rendah daripada umumnya. Meski demikian, menjaga sistem imun tetap menjadi keutamaan, disarankan untuk sentiasa mengamalkan gaya hidup sihat, seperti istirehat cukup, mengambil makanan yang berkhasiat, mendapatkan vaksinasi dan sebagainya.

Merasa lebih sehat
Orang yang sedang jatuh cinta atau memiliki kehidupan pernikahan yang baik lebih sering menjawab ’sangat baik’ atau ’luar biasa’ dengan jujur ketika ditanya, “Apa khabar?” Dari pernikahan dan hubungan personal yang baik, orang akan merasa lebih sihat apabila mendapat sokongan dari segi sosial dan emosional.

Mengurangi risiko penyakit
Jika dipadukan dengan gaya hidup sihat, manfaat hubungan seks dapat digunakan sebagai senjata dalam mengurangi risiko penyakit tertentu, seperti berikut:
  • Mengurangi risiko serangan angina. Orang yang merasa disayangi dan dicintai oleh pasangan lebih tidak berisiko mengalami serangan angina, mengikut sebuah kajian.
  • Mengurangi risiko kanser prostat. Penelitian membuktikan bahwa lelaki yang melakukan ejakulasi secara teratur lebih tidak berisiko mengalami kanser prostat.
  • Menguatkan otot pinggul bawah pada wanita sehingga memaksimalkan hubungan seksual serta mengurangi risiko gangguan pengeluaran buang air kecil di kemudian hari.
Meningkatkan ghairah seks 
Melakukan hubungan seksual secara teratur dapat meningkatkan libido. Pada wanita, berhubungan seksual dapat meningkatkan aliran darah, elastisitas, dan cairan pelincir pada vagina. Semua hal ini dapat membuat hubungan seksual makin berkualiti.

Mengurangi rasa sakit
Orgasme dapat melepaskan hormon yang berperanan dalam meredakan rasa sakit. Stimulasi vagina saja  dapat menghentikan rasa sakit yang kronik pada punggung dan kaki, kekejangan, datang bulan, dan sakit kepala merujuk kepada beberapa kes yang tertentu.

Meningkatkan kualiti tidur
Setelah orgasme, tubuh melepaskan hormon prolaktin yang berperanan mendatangkan rasa rileks dan mengantuk. Itulah alasan seseorang lebih mudah mengantuk dan tidur setelah melakukan hubungan seksual. Cukup istirehat adalah sumber kesihatan tubuh secara keseluruhan,  berperanan juga dalam menjaga berat badan dan tekanan darah tetap normal.

Meningkatkan intimasi dan kualiti hubungan
Berhubungan seksual dapat meningkatkan kadar hormon oksitosin yang membantu manusia untuk meningkatkan rasa saling percaya dan merapatkankan hubungan antara satu sama lain. Kadar oksitosin ini akan makin meningkat seiring tingginya frekuensi sentuhan. Kepuasan seksual juga kerap dihubungkan dengan kestabilan hubungan.
Bagi pasangan masing-masing, hubungan seksual yang sihat dan dilakukan secara teratur selain bermanfaat terhadap kesihatan fisikal, juga bermanfaat untuk psikologi, iaitu dapat mengurangi risiko penyakit kejiwaan, depresi, hingga bunuh diri.

No comments:

Post a Comment

Keajaiban Menderma

  Dalam 1 program TV di Amerika, pengacara siaran tersebut mengiklankan tentang seorang pesakit yang memerlukan pembedahan segera yang berha...